Saudi Akan Bangun Jalur Kereta Cepat Jeddah-Makkah-Madinah

Arab Saudi siap membangun alat transportasi massal dengan kecepatan tinggi, yang akan menghubungan kota Jeddah-Makkah-Madinah. Raja Saudi, Raja Abdullah sudah memberikan lampu hijau bagi pembangunan proyek transportasi dalam bentuk kereta cepat itu.

model jembatan cisomang

Kantor berita Saudi SPA menyebutkan, proyek ini sudah dibahas sejak setahun lalu dengan tujuan untuk mempermudah transportasi para jamaah haji yang setiap tahunnya membanjiri ketiga kota di Saudi itu. Pemerintah Saudi akan menggunakan dana-dana investasi negaranya untuk membiayai proyek ini, namun tidak disebutkan berapa dana yang akan dikeluarkan.

Menteri Transportasi Jebarah bin Eid al-Suraisri mengungkapkan, dengan adanya fasilitas kereta cepat ini, jarak Makkah-Jeddah bisa ditempuh dalam waktu setengah jam saja, dan jarak Jeddah-Madinah bisa ditempuh dalam waktu dua jam, karena kecepatan kereta bisa mencapai lebih dari 300 kilometer per jam.

Jeddah akan menjadi pusat dari rangkaian jalur transportasi ini. Karena Jeddah, sebagai kota pelabuhan, menjadi pintu gerbang utama masuknya para jamaah haji maupun umroh yang menggunakan kapal laut. (eramuslim dan Lainnya)

Hikmah:

Semoga Lancar dan Sukses, Amien.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.