Rindu Al-Irsyad Tempo Doeloe

Rindu Al-Irsyad Tempo Doeloe

Semenjak usia SD atau MI aku sudah aktif di Al-Irsyad, terutama terlibat dalam acara-acara sosial yang berhubungan dengan hari-hari besar umat Islam seperti kepanitiaan zakat fitrah dan qurban.

Ketika kelas 6 SD atau MI (sekitar tahun 1983) aku mendapat tugas menjadi panitia training Al-Irsyad (semacam daurah saat ini) selama beberapa hari yang di hadiri oleh Irsyadiyin dari berbagai kota di Indonesia, yang bertempat di sebuah rumah milik keluarga Ammi Muhammad Baisa rahimahullah di jalan Bendungan Bening kota Malang.

Pada saat itu aku banyak mengenal Irsyadiyin peserta training dari berbagai penjuru Indonesia, termasuk diantaranya; Al-Ustadz Fariq Gasim Anuz, Husni Abbad dan lainnya, hafidhahumullah.

Pemateri dalam training saat itu adalah Ustadz Ja’far Umar Thalib dan Ustadz Yazid At-Tamimi.

Suasana sangat indah penuh keakraban dan persaudaraan karena kita semua fokus kepada perjuangan demi kejayaan Islam wal muslimin.

Bahkan di akhir acara, sebelum peserta pulang kembali ke daerah masing-masing kami bersama-sama mengadakan rihlah tadabbur alam ke taman wisata air terjun Coban Rondo di Pujon kabupaten Malang, suasana sangat indah yang sulit terlupakan sampai saat ini.

Pada usia SMP atau Mts aku semakin aktif di Al-Irsyad walau belum mempunyai sekretariat ataupun kantor tetap. Kami mengontrak rumah sederhana untuk di jadikan sekretariat dan kantor. Pernah kontrak rumah di Tongan Ledok, di Sawahan dan di pinggir sungai di Jagalan.

Amat sangat sederhana tapi suasana sangat indah dan penuh makna. Kami rutin mengadakan halaqah kajian keislaman, puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh kemudian berbuka di rumah anggota secara bergiliran, kami buat buletin bulanan dengan nama Nasyratul Irsyad dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Suasana sangat indah yang sulit terlupakan sampai saat ini. Semuanya fokus memperbaiki diri dan keluarga serta berjuang demi kejayaan Islam wal muslimin.

Aku rindu Al-Irsyad tempo doeloe.. Ya Robb..

Ditulis dalam perjalanan Surabaya Malang, Jum’at menjelang Maghrib 30 Jumadal Ula 1439 / 16 Februari 2018

Hamba Allah Yang Penuh Harap
Abdullah Sholeh Hadrami
@AbdullahHadrami

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *