Pelajaran dari Perjalanan ke Jepang 2017; Belajar Kesetiaan dari Hewan (bag 5)

Pelajaran dari Perjalanan ke Jepang 2017; Belajar Kesetiaan dari Hewan (bag 5)

Ada peribahasa, “Orang yang mengkhianati sahabatnya perlu dibelikan anjing untuk mengajarkan kepadanya arti kesetiaan.”

Maksudnya, orang yang tidak setia itu kalah dengan anjing yang mempunyai sifat setia kepada siapa saja yang pernah berbuat baik kepadanya.

Pada hari Ahad 12 Dzulhijjah 1438 atau 03 September 2017 kami jalan-jalan tadabbur (mengambil pelajaran) di sekitar Tokyo naik bis umum dan kereta listrik.

Diantaranya kami pergi ke Hachiko Statue (Patung Anjing Hachiko) yang terletak di dekat stasiun kereta Shibuya-Tokyo dan menjadi salah satu tujuan wisata Jepang.

Pertama kali kami dengar kisah Hachiko dari sahabat kami Al-Ustadz Fariq Gasim Anuz -Hafidhahullah sekitar tujuh tahun lalu.

Kisahnya, ada seekor anjing yang terlantar dijalanan melihat seorang yang sedang berjalan lewat dihadapannya lalu anjing tersebut mengikutinya sampai dirumah orang itu. Anjing itu tidak mau berpisah dari orang tersebut sehingga akhirnya anjing itu ditampung dan dirawat dirumahnya dengan baik dan tulus.

Setiap pagi ketika orang itu hendak pergi berangkat kerja anjing tersebut selalu ikut mengantarkannya sampai ke stasiun. Demikian pula setiap sore anjing tersebut selalu menjemputnya di stasiun yang sama.

Sampai suatu ketika sebagaimana biasa ketika pagi sang anjing mengantarkan sang majikan menuju stasiun dan ternyata sang majikan tersebut setelah sampai di tempat kerjanya meninggal dunia karena ajalnya telah datang.

Pada sore harinya seperti biasa sang anjing menjemput sang majikan ke stasiun dan ternyata sang majikan tidak datang karena telah meninggal dunia dan sang anjing tersebut tidak tahu kalau majikannya meninggal dunia di tempat kerjanya. Setelah lama ditunggu dan tidak juga muncul akhirnya anjing itu pulang.

Ceritanya tidak hanya sampai disini saja, karena ternyata setiap sore anjing tersebut selalu menjemput sang majikan di stasiun dan pulang kembali setelah mendapati bahwa majikannya masih belum juga pulang.

Anjing tersebut tidak putus asa dan berusaha untuk selalu menjemput majikannya setiap sore di stasiun.

Hal ini dilakukan oleh sang anjing sampai SEPULUH TAHUN sebagai bukti kesetiaannya kepada sang majikan yang telah berbuat baik kepadanya sampai akhirnya anjing itupun meninggal dunia di stasiun tersebut ketika menjemput majikannya.

SUBHANALLAH ! Seekor anjing mengerti tentang arti kesetiaan kepada orang yang pernah berbuat baik kepadanya. Bagaimana dengan kita ?

Jangan pernah melupakan kebaikan siapapun yang pernah berbuat baik kepada Anda !

Berikut ini link video hanya berdurasi 4 menit tentang kisah kesetiaan anjing dengan lokasi Hachiko Statue (Patung Anjing Hachiko) yang terletak di dekat stasiun kereta Shibuya-Tokyo;

Semoga kita termasuk orang yang mempunyai sifat setia, aamiin.

Bersambung…

Akhukum Fillah
@AbdullahHadrami

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *