Faedah Tentang Perpustakaan Pribadi Terbesar, Membaca Buku Yang Efektif dan Seni Berinteraksi Dengan Kitab

Faedah Tentang Perpustakaan Pribadi Terbesar, Membaca Buku Yang Efektif dan Seni Berinteraksi Dengan Kitab

Faedah Tentang Perpustakaan Pribadi Terbesar

Salah seorang murid Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby hafidhahullah yang bernama Khalid Asy-Syafi’i mengatakan; bahwa selama hidupnya ia belum pernah menyaksikan perpustakaan pribadi yang lebih besar dan lebih lengkap dari perpustakaan pribadi milik gurunya, Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby hafidhahullah di Amman Jordania, padahal ia sudah keliling ke berbagai perpustakaan para ulama’, para masyayikh, para doktor dan para penuntut ilmu di berbagai negara, tapi hasilnya tetap saja, perpustakaan pribadi milik Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby hafidhahullah adalah yang paling besar dan paling lengkap, tanpa tandingan. Ini menurut yang diketahuinya.

Khalid Asy-Syafi’i ini berkisah; bahwa ayah Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby rahimahullah pernah berkata kepada puteranya Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby hafidhahullah:

“Kitab-kitab milikmu ini untuk membaca dan mengkhatamkannya membutuhkan umur yang panjang seperti umur Nabi Nuh alaihis salam, dan untuk membelinya membutuhkan harta sebanyak harta milik Qorun, serta untuk berinteraksi dengannya membutuhkan kesabaran seperti kesabaran Nabi Ayyub alahis salam”.

Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby hafidhahullah berkata tentang perpustakaan pribadinya:

“Semoga [kitab-kitab ini] menjadi hujjah [argumentasi] yang membela kami dan bukan yang mencelakakan kami”.

Subhaanallooh!!!

Keterangan:
Fadlilatusy Syaikh Ali Hasan Al-Halaby hafidhahullah adalah termasuk salah seorang murid senior Muhadditusul ‘Ashr [Ahli Hadits Terbesar Abad Ini] Al-Imam Al-‘Allamah Muhammad Nashiruddin Al-Albani rahimahullah.

Disarikan oleh Abdullah Shaleh Hadrami dari; http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=33453

Membaca Buku Yang Efektif

S Q R R R = Survey Question Read Repeat Resume

S — Judul & Pengarang, Penerbit & Tahun Terbit, Kata Pengantar & Daftar Isi, Rangkuman & Referensi.

Q — Buat Pertanyaan yang Ingin Dicari Jawabannya.

3R — Baca, Ulangi dan Simpulkan Isinya.

Seni Berinteraksi Dengan Kitab

Diantara Nasehat Syaikh Bakr bin Abdillah Abu Zaid rahimahullah dalam Kitabnya ‘Hilyah Thalibil Ilmi’ berkaitan Cara Berinteraksi Dengan Kitab:

“Jangan engkau membaca sebuah kitab sebelum mengetahui istilah yang dipakai oleh penulisnya, yang seringkali hal ini dijelaskan dalam muqaddimahnya. Oleh karena itu, mulailah membaca sebuah kitab dari muqaddimahnya.

Apabila engkau mendapatkan sebuah kitab, maka janganlah engkau masukkan dalam perpustakaanmu kecuali engkau sudah selesai membacanya secara sekilas atau engkau baca muqaddimah, daftar isi dan beberapa bagian dalam kitab tersebut. Adapun kalau engkau tumpuk saja bersama kitab yang sejenis dalam perpustakaanmu, maka barangkali tahun demi tahun berjalan dan umur pun semakin bertambah sementara engkau tidak sempat menelaahnya. Dan hal ini seringkali terbukti. Hanya Allah Yang Kuasa memberi taufiq”.

Semoga Bermanfaat, amien

Abdullah Shaleh Hadrami

Anjungan Minyak Chevron
West Seno Lepas Pantai Makassar
Ahad, 22 Muharram 1433 / 18 Desember 2011

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.