Komunitas Muslim Rotherham Kampanye ‘Islam Rahmat Bagi Semua’ Melalui Bus

ROTHERHAM–“Cinta sesama, tak membenci siapapun.” Tulisan mencolok itu menempel di badan bus kota yang lalu lalang di jalan-jalan padat Rotherham, Inggris. Tak ada pesan lain, hanya satu petunjuk di salah satu sudutnya: tulisan kecil, bahwa yang menyampaikan pesan itu adalah Komunitas Muslim Rotherham.

Ya, beginilah cara mereka menyampaikan pesan tentang “Islam rahmat bagi semua”. Selain melalui kampanye di badan bus, mereka juga menyebar leaflet di sekitar South Yorkshire dan juga melalui situs mereka sejak awal tahun ini.

Ide ini bermula dari obrolan di antara mereka, yaitu untuk menyampaikan pesan-pesan universal Islam. Walau pesan-pesan itu berasal dari ajaran Islam, namun publik tak merasa digurui. Dan yang penting, membangun simpati terhadap umat Islam sekaligus mengingatkan umat akan ajaran agamanya.

Maka, ketemulah tema sentral kampanye yang bisa diterima semua, yaitu soal pesan damai Islam, saling menghormati, kesetaraan, kebebasan, dan kesetiaan. “Tujuan dari kampanye publisitas adalah untuk menegaskan kembali prinsip-prinsip Islam sejati yang cinta perdamaian dan untuk melawan ekstremis yang membajak agama untuk kepentingan politik,” ujar pimpinan organisasi ini, Bilal Atkinson.
Ia berharap, kampanye ini dapat memfasilitasi pemahaman Islam yang lebih baik sehingga orang dapat menilai sendiri seperti apa Islam yang sebenarnya. “Islam menekankan promosi perdamaian baik dalam perkataan maupun perbuatan,” ujarnya. (rmv/an/alsofwah)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *