Israel Adili Anak-anak Palestina

Al-Quds – Infopalestina: Harian Israel Maarev mengungkapkan, Israel membuka persidangan militer khusus atas anak-anak Palestina dan harian ini menilainya sebagai lompatan penting dalam dunia peradilan militer.

Harian menyebutkan dalam edisinya kemarin Rabu (4/11), anak-anak Palestina diadili oleh pengadilan Israel yang khusus dewasa. Menurut harian Israel ini seharusnya pengadilan terhadap anak-anak adalah pengadilan sipil bukan pengadilan militer. (bn-bsyr)

Pelajar Turki Lempari Dubes Israel Dengan Telur Busuk

Ankara – Infopalestina: Sejumlah media masa Turki menegaskan, polisi Turki menangkap 20 pelajar kemarin Sabtu (5/11) setelah mereka melempari Dubes Israel di sana dengan telur sebagai kecaman atas tindakan permusuhan mereka terhadap Jalur Gaza akhir tahun lalu.

Kantor berita Anathol Tukri menegaskan, kecaman dan protes terjadi di gerbang Universitas Tharabizon di pinggiran laut hitam ketika dubes Israel Gabi Leivi hendak pergi meninggal kampus.

Sementara harian Huriet menegaskan, polisi Turki menangkap 20 pelajar yang meneriakkan yel-yel anti Israel di antaranya “Kami tidak ingin pembunuh anak-anak” “silahkan Israel keluar dari kampus kami”.

Hubungan diplomasi Turki dengan Israel sejak agresi Israel ke Jalur Gaza pada Desember 2008 hingga Januari 2009 lalu semakin memburuk. PM Turki Rajab Taeb Erdogan menuding Israel melakukan kejahatan perang dan kemanusiaan dalam agresi itu.

Turki – anggota NATO – melarang Israel bulan lalu untuk ikut dalam latihan militernya di Turki sehingga Israel sempat murka dan mengundang kritik keras dari Amerika Serikat.

Ketegangan hubungan kedua negara ini terjadi pada saat Turki menjadi kandidat anggota Uni Eropa dan langkah-langkah diplomasinya semakin menguat dengan Iran dan Suriah. Sebagian pengamat menyebut, ini pertanda Turki akan berubah dan beralih ke barat. Namun Erdogan menampik pemerintahnya berpaling kepada barat. “Turki memiliki wajah menghadap ke barat dan lainnya melihat ke timur” tegasnya beberapa saat lalu. (bn-bsyr)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.