Vatikan Bela Hak Sebarkan Misi pada Selain Non-Katolik

Kantor doktrin Vatikan hari Jumat mengeluarkan pedoman kebijakan misi nya, menyusul tuduhan Katolik sering membujuk penganut agama lain pindah agama

Vatikan telah membela haknya menyebarkan misi kepada agama selain Katolik, hanya, misi itu, harus disampaikan tanpa paksaan. Kantor doktrin Vatikan hari Jum’at mengeluarkan pedoman 19 halaman tentang kebijakan misionaris nya, menyusul tuduhan bahwa Katolik membujuk penganut agama lain pindah agama masuk Katolik.

Pemuka Gereja Ortodoks Russia, Gereja Anglika bahkan sebagian pemuka agama Katolik mengatakan upaya Gereja Katolik untuk meyakinkan non-Katolik tentang keunggulan Katolikisme melanggar kebebasan mereka.

Pedoman itu menyebut bahwa evangelisasi atau pengabaran injil adalah hak yang tidak terpisahkan dan ekspresi kebebasan agama. Selama beberapa tahun belakangan sejumlah pengikut Gereja Anglika yang menentang pentahbisan perempuan dan lelaki gay menjadi pendeta telah pindah ke Katolik.

Para pemuka Gereja Ortodoks Rusia menuduh Katolik di luar kewajaran mengusahakan warga di bekas wilayah Uni Soviet untuk pindah memeluk agama Katolik. Gereja Ortodoks menganggap wilayah itu secara tradisional wilayah Ortodoks. Tetapi tuduhan itu ditampik oleh Vatikan.

Evangelisasi gigih oleh misionaris di negara-negara berkembang telah menyebabkan Muslim, Hindu dan golongan bukan Kristen menjadi marah. Di Indonesia, kasus-kasus seperti ini biasa dilakukan dalam bentuk bantuan-bantuan ekonomi. [voa/cha] hidayatullah.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.