TUNTUNAN PRAKTIS MENYEMBELIH HEWAN QURBAN

TUNTUNAN PRAKTIS MENYEMBELIH HEWAN QURBAN

Oleh: Abdullah Saleh Hadrami

Segala puji hanya bagi Allah, Shalawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah, keluarga, para sahabat dan pengikut mereka yang setia sampai hari kiamat; amma ba?du:

Allah Ta?aala mensyariatkan berqurban dalam firmanNya:

?Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan berqurbanlah. ? (QS. Al-Kautsar: 2).

Hukum qurban adalah sunnah muakkadah bagi yang mampu, sebagaimana Nabi Muhammad ?Shallallaahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam berqurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu. (HR. Bukhari dan Muslim).

Seekor kambing boleh untuk qurban satu orang dengan mengikutsertakan keluarganya dan seluruh kaum muslimin. Berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim ?Rahimahullah melalui jalan Ibunda ?Aisyah ?Radhiallahu ?Anha, bahwasanya Rasulullah ?Shallallaahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam ketika hendak menyembelih mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ، اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ مُحَمَّد، وَآلِ مُحَمَّد، وَمِنْ أُمَّةِ مُحَمَّد.

Dalam riwayat lain Rasulullah ?Shallallaahu ?Alaihi Wa ?Ala Alihi Wa Sallam ketika menyembelih qurban seekor kambing, beliau membaca :

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر، اللَّهُمَّ هَذَا عَنِّي وَعَنْ مَنْ لَمْ يُضَحِّ مِنْ أُمَّتِي

?Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Yaa Allah ini adalah (qurban) dariku dan dari siapa yang tidak berqurban dari umatku.?(HR. Abu Dawud dan At -Tirmidzi).

Cara mudah apabila kita hendak menyembelih hewan qurban,
yaitu hendaklah mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر، اللَّهُمَّ هَذَا عَنْ فُلاَن (??)بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر

?Dengan menyebut nama Allah dan Allah maha besar, Ya Allah ini adalah (qurban) dari si fulan ???(dengan meyebut namanya). Bismillahi Wallahu Akbar.?

Atau mengucapkan:

بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلاَنْْ (??) وَ أَهْلِ بَيْتِهِ وَ جَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْن , بِسْمِ اللهِ وَاللهُ أَكْبَر

?Dengan Nama Allah, Ya Allah terimalah qurban dari fulan???(dengan meyebut namanya), beserta keluarganya dan seluruh kaum muslimin. Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar.?

Semoga Bermanfaat dan Semua Amal Kita Diterima Allah Ta?aala, Amien.www.hatibening.com

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *